Oktober 16, 2024, 20:44 WIB
Last Updated 2024-10-16T13:44:03Z
Desa

Pemdes Cenayan Akan Dirikan BumDes Untuk Penopang Ekonomi Desa

Advertisement

 

Camat Nanga Mahap saat menjadi pemateri dalam sosialisasi pendirian BumDes kepada masyarakat di aula balai Pemdes Cenayan (foto: Pemdes Cenayan)

Pena khatulistiwa.id (Sekadau) - Pemerintah Desa Cenayan Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau akan segera melakukan tahap untuk mendirikan sebuah usaha yang akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BumDes) 



Hal ini dimulai dengan mensosialisasikan kepada masyarakat atas wacana tersebut. Menurut Kepala Desa Cenayan Aleksander,  Dalam rangka meningkatkan  ekonomi masyarakat desa cenayan Pemdes akan mendirikan BumDes yang bergerak dibidang penyedia air bersih.



"Kami dari pemerintah desa akan mendirikan BumDes dan salah satu yang akan kami jadikan usah nanti salah satunya membuat usaha air galon," Kata Aleksander 



Ia juga mengatakan selain usaha air Galon BumDes ini juga menyiapkan skema usaha untuk menampung hasil tani dan kebun milik masyarakat.



Pemdes juga akan membantu penyertaan modal bagi BumDes tersebut melalui Anggaran Dana Desa (ADD)



Kades menerangkan wacana pendirian BunDes ini sejatinya sejak lama direncanakan serta didambakan oleh masyarakat Cenayan. Ia berterima kasih kepada BPD dan tokoh masyarakat yang telah mendukung upaya pendirian BumDes ini, Ia berharap hal ini berdampak baik bagi masyarakat 


(Tim)