PENA KHATULISTIWA
Oktober 05, 2024, 20:39 WIB
Last Updated 2024-10-05T13:39:18Z
Pemda

Hadiri HUT IBI, Zeno Harapkan Bidan Peka Resiko Perubahan Iklim

Advertisement

Pjs Bupati Sekadau, Frans Zeno saat menghadiri HUT IBI ke 73

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Penjabat sementara Bupati Sekadau, Frans Zeno membuka peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73 di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (5/10).


Adapun tema HUT IBU ke 73 yaitu "peran bidan dalam penguatan sistem ketahanan nasional pada krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi”. 


IBI sendiri didirikan pada tanggal 24 juli 1951 di Jakarta. Di Kabupaten Sekadau diketahui ada 387 bidan yang yang terdaftar dalam organisasi IBI.


"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat ulang tahun IBI yang ke-73. Semoga IBI makin dicintai oleh masyarakat dan terus meningkatkan kinerja bidan serta kompak dalam berorganisasi," ujar Pjs Bupati Sekadau, Frans Zeno dalam sambutannya.


Berkaitan dengan tema HUT IBI, kata Zeno, memiliki makna yang sangat luas dan menyangkut seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Krisis iklim yang terjadi saat ini bukan hanya terjadi di Indonseia tetapi juga dirasakan secara global dan tidak hanya pada lingkungan tetapi juga pada aspek bidang kesehatan," tutur Zeno.


“Perubahan iklim ini mengakibatkan alam memiliki respon dengan berbagai kemungkinan yang terjadi, salah satunya resiko penyakit," lanjut dia.


Oleh sebab itu, Zeno berharap para bidan melalui tugas di tempat masing-masing dapat menyampaikan kepada masyarakat agar lebih peka terhadap resiko penyakit akibat cuaca.*


*r