September 22, 2024, 20:56 WIB
Last Updated 2024-09-22T13:56:35Z
Komunitas

RKDD Program Desa Cerdas Belitang Satu gelar Pelatihan Digital Entrepreneurship

Advertisement

 

Foto Arif Maulana (tengah) Narasumber/pemateri (kiri-kanan) Kader dan Duta Digital Belitang Usai melaksanakan sosialisasi 

Pena khatulistiwa.id (Sekadau) – Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Belitang satu Kecamatan Belitang, telah melaksanakan Pelatihan bagi Masyarakat Desa yang ada di Belitang satu, Minggu (22/09/2024) pukul 09.00 WIB - Selesai, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Desa Belitang Satu. 




Kegiatan pelatihan dimaksud adalah : PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP.  Kegiatan ini merupakan program kerja RKDD Belitang Satu yang dilaksanakan sebagai implementasi Program Desa Cerdas/Digital Kementerian Desa PDTT, bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang benar serta bermanfaat bagi peserta pelatihan.




"Ita Herlina, Duta Digital Kabupaten Sekadau juga menjelaskan bahwa Kegiatan ini dimulai dari pemetaan potensi dan masalah yang ada di kelompok dan masyarakat sehingga merujuk pada kegiatan- kegiatan prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menambah keterampilan terkait digitalisasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat," terangnya, 




"Setelah pelatihan Digital Entrepreneurship ini juga akan dilaksanakan lagi pelatihan Pengelolaan Wisata Desa Berbasis Digital," tambahnya. 


Peserta Sosialisasi antusias mendengarkan paparan dari pemateri, Peserta merupakan dari kalangan pemuda dan pelajar setempat 


Pada pelatihan Digital Entrepreneurship ini menghadirkan Narasumber yakni Arif Maulana, seorang  pegiat digital marketing serta sebagai Member Independen Herbalife Indonesia, beserta Duta Digital Kabupaten Sekadau Ita Herlina. 



Pelatihan dibuka oleh Nuraini sebagai MC sekaligus Kader Digital Desa Belitang Satu dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Kemudian dilanjutkan  perkenalan Peserta Pelatihan dengan Narasumber. 



Pada Pelatihan Digital Entrepreneurship, Arif Maulana memberikan pemahaman kepada peserta, bagaimana cara mengelola keuangan secara baik terutama menghadapi perkembangan dunia, dimana saat ini telah memasuki management keuangan secara digital.



"Permasalahan keuangan atau finansial ini bisa dialami oleh siapa saja dan pada umumnya akan berdampak serius kepada roda perputaraan keuangan negara, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang literasi finansial, khususnya dalam pengeleloaan keuangan yang baik dan tepat. seperti tidak bisa mengelola keuangan, tidak disiplin dalam menabung, gaya hidup yang tidak sesuai, menjadi investor dadakan, terlalu banyak utang, dan judi online” jelas Arif. 



“Yang penting kita memahami dengan baik, ada tiga kunci dalam pengeloaan keuangan, yaitu Financian Function, Financial Purpose dan Financial Freedom.” tegas Arif. 


Pemaparan materi dari Arif Maulana seorang digital marketing salah satu produk konsumsi dari perusahaan merek terkenal Dunia (Herbalife) 


Selanjutnya, pada Pelatihan Digital Entrepreneurship, Arif Maulana memberikan treatment bagaimana cara memanfaatkan tanaman dan juga barang-barang yang ada di sekitar kita dan tidak ada di daerah luar. contoh Belunsong Ikan Lais, Salai Ikan, Ciplukan, Rebung Kering, dan masih banyak lagi yang lainnya agar menjadi nilai jual dimata dunia. 



Arif juga Mempraktikkan bagaimana cara membuat akun Toko di Shopee, dan bagaimana proses berjualan mulai dri pemasaran produk yang menarik konsumen, pengemasan yang baik dan benar, menanggapi dengan cepat dan ramah para customer. 



Yang penting nantinya setelah pelatihan ini, kita semua bisa mulai untuk berbisnis dan berwirausaha tidak hanya Offline tetapi juga memanfaatkan media Online seperti WA, Facebook, Instagram, Telegram, Tiktok, dan media Sosial lainnya.” tambah Arif. 



Disebutkan, peserta yang diikutkan dalam kegiatan itu merupakan peserta dari berbagai kelompok di Desa Penungkulan, seperti UMKM, Pelaku Kesenian, Karang Taruna, TP-PKK, Kelompok Perempuan, serta pemuda- pemudi yang ada di desa belitang satu. 




Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship diakhiri dengan do'a bersama agar Pelatihan yang telah dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua Masyarakat Desa Belitang Satu. 



Sumber : RKDD Belitang Satu.