September 21, 2024, 13:47 WIB
Last Updated 2024-09-21T06:47:51Z
Sosial

Desa Cerdas Setuntung Gelar Sosialisasi Smart Village & Orientasi RKDD

Advertisement

 

Kegiatan Sosialisasi Smart Village oleh kader Digital di GPU Desa Setuntung (foto:kader Digital)

Pena khatulistiwa.id (Sekadau) - Desa Setuntung Kecamatan Belitang, jum'at 20/09/2024 bertempat di Gedung Pertemuan Umum Desa Setuntung melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program Desa Cerdas (SMART VILLAGE) dan Launching Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) yang dilaksanakan oleh Tim Pengelola RKDD Setuntung.



Desa Setuntung Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau melalui Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia, Nomor : 66 Tahun 2023 tentang Penetapan 1650 Desa Lokasi Desa Cerdas. Desa Setuntung adalah salah satu lokus Desa Cerdas dari 15 Desa di Kabupaten Sekadau. 



Kader Digital berharap masyarakat ikut mendukung serta berkontribusi dalam pengembangan program desa cerdas. Kader juga meminta saran serta masukan dari para peserta orientasi untuk program desa cerdas yang ada di desa setuntung. 


Annisa fadly, Kader Digital Desa Setuntung menyampaikan bahwa program desa cerdas bertujuan agar penggunaan serta pemanfaatan teknologi digital di desa setuntung agar lebih efektif dan efisien. 



Kepala Desa, Mohamad Saleh dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan kepada para masyarakat untuk bersama sama mendukung Program Desa Cerdas, serta mengajak seluruh masyarakat bersama sama untuk mewujudkan Desa Setuntung Menjadi Desa Cerdas.



 "Sebagai Pemerintah Desa tentunya akan mendukung serta  mengawal dan menopang keberlanjutan program Desa Cerdas,"kata Mohamad Saleh



Sebagai narusumber Kegiatan Sosialisasi Program Desa Cerdas adalah Duta Digital Kabupaten Sekadau, Ita Herlina, yang menjadi Pembina untuk Lima (5) Desa Lokus program desa cerdas dan salah satu desa lokus binaannya adalah desa setuntung.


"Desa Cerdas adalah desa yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat desa melalui peningkatan literasi digital dan pemanfaatan teknologi guna menyelesaikan permasalahan dalam aspek pembangunan desa. Desa Cerdas tidak hanya bicara tentang teknologi dan digitalisasi, tetapi lebih menekankan pada peningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintahan untuk pembangunan desa yang lebih berkualitas," Terang Ita



"Tujuan Desa Cerdas adalah terjadinya transformasi pemanfaatan teknologi dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan. Prinsipnya adalah Bottom Up, Participatory, inclusive, innovative, Collaborative dan Sustainable, sebagaimana dimaksud dalam 6 Pilar Desa Cerdas, yaitu : Tata Kelalo Cerdas, Mobilitas Cerdas, Ekonomi Cerdas, Hidup Cerdas, Lingkungan Cerdas dan Masyarakat Cerdas," Lanjut Ita




Turut hadir dalam kegiatan ini,Kepala Desa Setuntung, BPD, Sekretaris Desa, Anggota TP-PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, Tim RKDD serta komunitas muda-mudi Desa Setuntung.


(Tim)