PENA KHATULISTIWA
Juli 31, 2024, 13:46 WIB
Last Updated 2024-07-31T06:46:31Z
Daerah

Komnas PA Oku Sosialisasikan Anti Bullying Di Lingkungan Sekolah

Advertisement

 

Foto bersama usai sosialisasi 

Pena Katulistiwa.id (Oku) - Komnas PA Adakan sosialisasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk jenjang Pendidikan SMP Tahun Ajaran 2024/2025 di Sekolah SMP Negeri 2 Ogan Komering Ulu (OKU)pada Rabu (10/07/2024).


Mandataris Komnas Perlindungan Anak Kab,Ogan Komering Ulu (OKU) Aida Ginting, Spd,M.Si menilai pentingnya program sosialisasi anti-bullying di sekolah-sekolah, untuk pencegahan kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah.


Aida menekankan bahwa bullying sering kali dianggap sepele, padahal dampaknya bisa sangat serius bagi korban. Yakni korban menjadi trauma bahkan mogok sekolah.


"Sosialisasi terkait bullying sering kami lakukan.ini merupakan bagian dari program Komnas PA Kab Ogan Komering Ulu yang kami sebut 'Komnas Goes to School'. Saat ini, kasus bullying sedang marak dan banyak orang menganggapnya hal biasa. Padahal sangat bahaya untuk perkembangan anak. Oleh karena itu, kami terus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di OKU," kata Aida,Rabu.


"Alhamdulillah, mereka antusias sekali. Saya selalu menyesuaikan materi dengan audiens. Untuk anak SD ataupun SMP saya membatasi agar tidak memberikan terlalu banyak materi. Guru-guru juga semangat dan bahkan ada yang berencana mengadakan kelas parenting untuk orang tua murid supaya mereka juga memahami dampak bullying," jelasnya.


Kegiatan Sosialisasi berjalan sukses adapun  moderator selaku agen sosialisasi yang di komandoi oleh mandataris PA Kab.OKU, Aida Ginting Spd,M.Si bersama,Zahedi Effendi,Thorick Sopian,Rohman Dani Jayansyah,Rudi,Toyok.Paiz dari Komnas PA OKU memberikan materi serta pertanyaan seputar bullying kepada siswa siswi SMP N 2 OKU yang dapat menjawab pertanyaan dari Komnas PA mendapatkan sertifikat yang langsung ditandatangani oleh Ketua Komnas PA Bapak Naproni,St.M.Kom, 

     

Juga ada Dor prize bagi bagi coklat untuk di hadiahkan kepada para siswa baru yang mengikuti Masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut.


Aida menyebut, Kami memberikan langsung tiga sertifikat khusus dari Komnas PA untuk Siswa sebagai bukti kualifikasi murid dalam  sosialisasi untuk mencegah terjadinya bullying di sekolah maupun di masyarakat.


Meskipun belum ada kasus bullying serius yang terungkap di Bumi sebimbing sekundang 


"Sebenarnya pasti banyak kasus yang tidak terungkap, karena korban enggan berbicara. Maka pentingnya untuk memberikan sosialisasi kepada siswa dan orang tua," kata Aida


Dia berharap program 'Komnas PA Kab.OKU Goes to School' ini, dapat memberikan edukasi yang menyeluruh dan mendorong lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.


Dengan dukungan dari para guru dan orang tua, Aida Ginting Spd,M.Si yakin program ini dapat mengurangi angka bullying dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan yang positif bagi perkembangan anak-anak.


Thorick Sopian.