PENA KHATULISTIWA
Juli 25, 2024, 20:37 WIB
Last Updated 2024-07-25T13:38:44Z

Jelang Pilkada Bawaslu Sekadau Gencar Lakukan Sosialisasi

Advertisement

 

Bawaslu saat melakukan sosialisasi di hotel Vinca Borneo 

Pena Khatulistiwa.id (Sekadau) - Jelang Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Kabupaten Sekadau Lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif
Sekadau - Pemilihan Kepala Daerah baik itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia pada hari Rabu tanggal 27 Nopember mendatang, waktunya semakin dekat.


Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Sekadau hari ini, Kamis tanggal 25 November 2024 menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Aula Hotel Vinca Borneo Sekadau.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikun menyatakan bahwa kegiatan itu dimaksud untuk menumbuhkan sikap dan rasa kepedulian warga dalam mengawasi tahapan yang ada.


"Kegiatan ini penting untuk kami laksanakan, karena Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan tanggal 25 November mendatang harus diawasi bersama-sama" ungkapnya.


Dalam sambutannya, ia juga menekankan akan pentingnya kesadaran pengawasan sendiri pada warga masyarakat Kabupaten Sekadau.


"Pengawasan yang dilakukan itu sangat membantu kami bersama jajaran hingga ditingkat desa, untuk mempermudah langkah dan tindakan yang harus diupayakan selanjutnya," tambahnya.


Ditambahkan oleh Muhammad Sandi selaku anggota Bawaslu Kabupaten Sekadau bahwa pengawasan partisipatif itu sifatnya sosial dan suka rela.


"Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah itu rawan akan tindakan pelanggaran baik itu presedur dan tatacara atau bahkan dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif. Dan untuk tren pemilu yang lalu, temuan dan laporan grafiknya menurun,"terangnya.


Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat ini mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sekadau agar bersama-sama mengawasi Pilkada 2024 baik itu di kalangan milenial, kaum akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun tokoh adat serta pemilih pemula agar berperan aktif mengawasi semua tahapan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sekadau bersama jajarannya sampai ke tingkat desa.


"Jangan takut dan ragu untuk melaporkan jika warga sekalian mengetahui dan melihat langsung serta memiliki bukti yang cukup perihal terjadinya pelanggaran dalam masa Pilkada. Mari kita awasi, bersama dan ini sesuai dengan tagline Bawaslu, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu," pungkasnya.

Tampak hadir para undangan dari unsur Okp dan Ormas yang ada di kabupaten Sekadau serta perwakilan dari kampus dan pelajar di Sekadau dengan menghadirkan narasumber anggota KPU Kabupaten Sekadau yang juga mantan Ketua Bawaslu periode 2018-2023 Nur Soleh serta Mantan anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat periode 2018-2023 yaitu Syarifah Yana.

(Tim)